Sunday 28 May 2017

Blokir Situs Dengan Web Proxy Di MikroTik

post-feature-image

Blokir Situs Dengan Web Proxy Di MikroTik

Blokir Situs Dengan Web Proxy Di MikroTik


SSL Proxy, Web Proxy, Intercepting Proxy, Reverse Proxy, dan lain-lain merupakan macam-macam tipe proxy. Dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara blokir situs dengan web proxy pada mikrotik menggunakan web proxy. Tapi sebelum itu kita harus mengetahui pengertian dari proxy.

A. Pengertian
Apa itu Proxy ? Proxy adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Dengan kata lain proxy merupakan sebuah media keamanan bagi akses jaringan internet kita.

B. Latar Belakang
User login yang telah di buat pada mikrotik sering di gunakan untuk mengakses situs yang kurang bermanfaat maka dari itu saya akan memblokir situs yang kurang bermanfaat dengan fitur web proxy yang di sediakan mikrotik. 

C. Maksud Dan Tujuan
Memblock situs yang kurang bermanfaat

D. Pelaksanaan
  • Login mikrotik via Winbox
  • Pertama aktifkan dulu pengaturan pada menu IP --> Web Proxy.


  • Selanjutnya masuk pada web proxy centang pada Enable , dan port secara default web proxy.                                                                                                       

  • Setelah ini agar tidak perlu setting web browser satu persatu client, kita ubah web proxy agar berfungsi sebagai Transparent Proxy dengan menimpletasikan fitur NAT. Untuk membuatnya masuk ke IP --> Firewall --> NAT --> Klik Plus "+"                                                                                                   
  • Selanjutnya kembali pada block websitenya, anda masuk lagi pada web proxy. Masuk  IP --> Web Proxy --> General --> Access.                                                                

  • Tambahkan rule proxy baru pilih plus "+" maka sesuaikan situs yang ingin anda blokir melalui mikrotik, Contoh saya akan memblokir situs deviantart.
Ubah Action : Allow menjadi Deny
Dst.Host       : *Situs yang akan anda blokir*



Penulisan dst-host tidak menggunakan alamat website lengkap akan tetapi menggunakan tanda bintang (*) di depan dan di akhir alamat website. Tanda * dimaksudkan sebagai wildcard untuk menggantikan semua karakter.


  • Coba buka browser dan masukkan alamat website yang telah anda jadikan target pemblokiran, misalkan tadi saya memblokir situs deviantart maka tampilan jika sukses akan seperti di bawah.                     
Oke sekian semoga bermanfaat..................



E. Hasil Yang Di Dapatkan
Dengan adanya fitur web proxy pada mikrotik memudahkan saya memblokir situs yang tidak bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment