Tutorial Cara Membuat Aplikasi Simple Augmented Reality (AR) di Android Menggunakan Unity5.1.1dan Vuforia SDK5.0.5
Augmented reality (AR) dalam bahasa Indonesia 'realitas tertambah'.
wikipedia.com adalah teknologi yang menggabungkan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.
Ok langsung aja berikut adalah alat dan bahan :
3. Android SDK dapat didownload di sini.- Langkah 2 : Ubah project ke Android
Ubah project unity ke android
Jangan lupa untuk melakukan pengaturan pada player setting
Pengaturan player
Atur nama company dan nama aplikasi
Atur nama company dan nama aplikasi
Dan juga pengaturan bundle identifier
Atur bundle Identifier - Langkah 3 : Import Vuforia SDK dengan double klik
Double click Vuforia SDK
Centang semua elemen import
Centang semua untuk import Vuforia SDK
- Langkah 4 : Masukkan ARCamera dan ImageTarget ke dalam scene, delete Main Camera.
Masukkan ARCamera dan ImageTarget ke dalam scene
Vuforia mensuport debugging di PC menggunakan camera webcam. Tapi jika hardware belum di support Vuforia Anda dapat menonaktifkan fitur ini.
Disable 'Don't use play mode' jika error
Jangan lupa save scene dengan Ctrl + S setiap melakukan perubahan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan
- Langkah 5 : Definisikan marker dengan klik ImageTarget kemudian klik 'No targets defined. Press here for target creation !'
Definisikan marker untuk target
License manager pada Vuforia
Pada lisensi ada kode yang harus Anda letakkan di code Anda. Copy semua kode tadi kemudian masukkan di ARCamera pada project Anda
Lisensi Vuforia
Masukkan ke ARCamera
Masukkan license ke ARCamera
Kemudian definisikan marker pada image target. Pada bagian 'Target Manager' klik 'Add Database'.
Tambahkan database
Masukkan nama database, kemudian upload marker. Marker yang Anda Upload akan ditampilkan dan diberi rating
Marker yang di upload di Vuforia
Kali ini saya menggunakan marker berikut, Anda dapat menggunakan marker lain.
Marker
File .unitypackage berisi dataset marker
- Langkah 6 : Import file dataset dengan double click file dataset dengan ekstensi .unitypackage yang Anda dapatkan dari Vuforia. Kemudian tentukan dataset yang digunakan pada ImageTarget
Tentukan dataset pada Image Target
Taruh object yang akan dimunculkan pada AR di atas Image Target. Buat object tersebut menjadi child dari ImageTarget. Pada contoh ini saya memakai object cube dengan klik GameObject >> 3D Object >> Cube
Menletakkan object AR
Konfigurasi ARCamera untuk me load dataset
Konfigurasi ARCamera untuk me-load dataset
- Langkah 7 : Jalankan project dengan klik File >> Build Settings >> Build. Copy file .apk ke device Android Anda dan jalankan aplikasinya
Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia
Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia
Klik disini untuk mendownload project
0 comments:
Post a Comment